Senin, 09 Juli 2018

Buku Rahasia dari Kerajaan Sayur Mayur: Buku Edukasi Sayuran Anak Berhadiah Boardgame Keren



Hai..hai..senang sekali dapat menyapa para pembaca semua, setelah lama tidak menulis di blog. Apalagi kali ini saya akan memperkenalkan buku baru saya dengan tema yang agak berbeda di banding buku sebelumnya yaitu buku aktivitas. Namanya saja buku aktivitas tentu saja banyak aktivitas di dalamnya. Tapi aktivitasnya yang bermanfaat, dong!

Berawal dari chat dengan editor keren saya yaitu Mas Dhita Kurniawan alias Mas Didit dari Penerbit Tiga Ananda. Maka lahirlah buku Rahasia dari Kerajaan Sayur Mayur ini. Buku ini berawal dari keinginan saya untuk  memotivasi anak mau makan sayur, tapi dengan cara yang mengasyikkan sehingga anak tidak merasa digurui, bahkan termotivasi dari dirinya sendiri untuk mau makan sayur. Untuk semakin menambah seru, maka buku ini berhadiah boardgame keren. Apalagi harganya juga sangat terjangkau yaitu Rp. 30.000 saja.


Ada banyak jenis sayuran yang saya perkenalkan. 



Buku ini seperti sebuah kerajaan sayur mayur besar dengan Rajanya yaitu Raja Brokoli.

Pertama kalian akan berkenalan dengan Worcil Wortel. 

Si Worcil mengajak pembaca untuk menyelesaikan aneka teka-teki yang penuh aktivitas seperti mencari bentuk selain wortel lalu menghitung wortel yang bertuliskan huruf A yang melambangkan Vitamin A. 

Diteruskan  mencari anak yang kekurangan vitamin A dan melingkari masakan yang tidak mengandung wortel.


Selanjutnya kalian akan berkenalan dengan Bay Bay Bayam. 


Kalian akan diajak untuk mencari bentuk bayam, menentukan anak yang rajin makan bayam, dan mencari camilan yang terbuat dari bayam.


Nah, kalau yang ini ada Pangeran Broci Brokoli, putra dari Raja Brokoli. 


Pangan Broci akan mengajak kalian untuk menggambar rambut brokolinya yang unik, mencari huruf tersembunyi di dalam sebuah kotak, menggambar brokoli di dalam kulkas dan melingkari masakan yang mengandung brokoli.


Si Taco Tauge juga tidak mau kalah ingin memperkenalkan diri, lho. 


Dia mengajak kalian untuk mencari jalan menuju sumber-sumber vitaminnya, mencari wajah orang yang kekurangan vitamin E dan membantu abang Ketoprak menyiapkan dagangan ketopraknya yang tentu saja berbahan tauge.


Halo, perkenalkan namaku Tommy Tomat. 


Si Tommy mengajak kalian untuk mencari bayangannya, mencari kandungan yang terdapat di dalamnya, menggambar si Tommy dalam piring makan seorang anak, dan mengurutkan cerita si Luli.



Bucica  Buncis juga ingin kenalan pada kalian. 



Si Bucica ingin kalian menebak mana pohon buncis di sebuah kebun, mencari piring yang terdapat buncis dan menggambar buncis di piring kosong yang disediakan ibu.


Aha, kalau yang ini Shelly Selada. Siapa yang suka selada? 



Yuk bantu Shelly menyempurnakan gambar bentuk sayurnya. Selain itu kalian akan diminta menuliskan huruf K, di samping gambar aneka Selada. 

Ya, Selada memang banyak mengandung Vitamin K. Vitamin K itu berfungsi dalam proses pembekuan darah. Nah, saat Andi mau piknik, dia juga bawa roti berisi selada, kalian diminta membantu untuk mencari roti tersebut.

Tahu tidak sayur yang selalu panjang. Betul! Dialah si Kapa Kacang Panjang. 


Kamu akan diminta oleh si Kapa untuk melengkapi gambar bentuknya. Kapa juga meminta bantuannya untuk mencari huruf yang hilang dari kandungan gizinya. 



Kapa itu banyak mengandung Thiamin, lho. Ada juga Pak Diman yang ingin mencari Kapa lewat lingkaran jalan yan menyesatkan, yuk bantu Pak Diman untuk menemukan Kapa.


Kali ini ada  Lababa Labu. 


Kalian harus mencari kandungan si Lababa diantara huruf L dan O. 



Selanjutnya kalian juga dapat  memilih mangkok yang  berisi pure labu, ada juga puding yang terbuat dari labu.



Sayuran terakhir yang ingin kenalan dengan kalian adalah si Kuki kangkung. 


Bentuk Kuki mirip bayam, kalian harus dapat menemukan yang mana si Kuki. Ada juga si Lala yang mau menanam kangkung di kebun mencari alat penyiramnya, kalian bantu Lala, ya. Setelah mendapatkan penyiramnya Lala dapat menanam kangkung hingga panen. Kalian bisa bantu menyusun ceritanya.


Jangan khawatir semua jawaban dari pertanyaan dan aktivitas ada di buku ini. Cek saja di halaman bagian bawah, tertulis terbalik, itulah jawaban setiap pertanyaan. Tapi kalau bisa jangan intip jawabannya sebelum kalian mengerjakan soalnya, ya.


Nah, setelah kalian berkeliling ke kerajaan sayur mayur, sekarang kalian dapat menggambar sayuran apa saja yang kalian sukai di piring kosong, tunjukkan pada ibu untuk minta dibuatkan sayuran tersebut.



Kalau ingin main boardgame sayuran, sudah ada petunjuk permainannya di halamn paling akhir. 


Bagaimana? Seru bukan buku Rahasia dari Kerajaan Sayur Mayur ini.
Yuk..yuk...dicari di toko buku Gramedia atau toko buku seluruh Indonesia.
Dapat follow penulis di sosial media:
IG: @dyahumi_purnama
FB: dyah umi purnama



Tidak ada komentar:

Posting Komentar