Jumat, 01 Juni 2018

Review Seri Dongeng Kesehatan: Mengenalkan Kebiasaan Hidup Sehat pada Anak PraSekolah Sejak Dini




Senang sekali dipercaya menulis buku cerita kesehatan dengan segmen anak pra sekolah yaitu anak-anak Balita dan usia TK. Apalagi temanya adalah mengenalkan kebiasaan kesehatan pada anak sejak dini. Bermula dari Editor Tiga Ananda yaitu Mas Hariyadi yang menawarkan kerjasama penulisan buku picbook tema kesehatan untuk anak pra sekolah. Saya lalu mengusulkan bentuk dongeng, karena dongeng Putri dan Pangeran biasanya lebih diterima oleh anak-anak sehingga pesan yang disampaikan lebih masuk dan dipahami.

Ada 6 tema yang harus saya garap yaitu  tentang cuci tangan, makanan sehat, mandi keramas, gosok gigi, potong kuku  dan olahraga. Saya lalu disarankan untuk membuat  2 seri yaitu seri pangeran dan seri putri dengan masing-masing 3 buku. Harga buku ini sangat terjangkau yaitu cuma Rp.22.000 dengan halaman full color sebanyak 36 halaman dengan pesan kesehatan di akhir halaman.




Pada buku  Pangeran Yipi Rajin Mandi dan Keramas, disitu saya mempertemukan Pangeran Yipi dengan raksasa kecil Owi yang tidak suka mandi keramas hingga dijauhi oleh orang-orang kampungnya. 


Tapi setelah Pangeran Yipi menjadi temannya, dia mejadi sadar dan mau mandi keramas.


Pangeran Wopi Rajin Makan Makanan Sehat menceritakan Pangeran Wopi yang ingin menjadi asisten pemanah pemula. Sebelum  ujian, dia makan makanan yang bergizi. Sebaliknya dengan temannya Pangeran Don, dia hanya makan bekal kerupuk. 


Pangeran Wopi lolos ujian, sedang Pangeran Don tidak. Pangeran Don lalu mau makanan sehat agar juga dapat menjadi asisten pemanah pemula.


Pangeran Dani Rajin Cuci Tangan menceritakan tentang Pangeran Dani yang selalu cuci tangan dengan sabun setelah bermain, habis buang air besar/kecil dan mau makan. Sepupunya Pangeran Keno sangat malas cuci tangan. Bahkan saat tangan kotor, dia langsung memegang makanan. Akibatnya Pangeran Keno lalu sakit perut dan dibawa ke tabib. Sejak itu Pangeran Keno menjadi rajin cuci tangan.



Puteri Singlala Rajin Gosok Gizi menceritakan tentang Puteri Singlala yang selalu gosok gigi sebelum tidur dan usai sarapan. Tapi saudari kembarnya Puteri Singlili malas melakukannya, akibatnya giginya banyak yang karies dan sakit hingga tidak bisa bernyanyi.


Puteri Ameli Rajin Potong Kuku menceritakan tentang Puteri Ameli yang akan berkunjung ke tempat Tabib Velma bersama teman-teman TK nya. Sebelumnya dia memotong kukunya dengan rapi. Tapi Puteri Camila selalu memakai sarung tangan, ternyata itu karena kukunya panjang dan kotor.



Puteri Vania Rajin Olahraga menceritakan tentang Puteri Vania yang selalu olahraga. Tapi Puteri Ica, sepupunya   yang gemuk malas melakukannya. Kegemaranya hanya makan dan tidur. Tapi setelah pulang dari menjenguk Paman Bobi yang sakit, Puteri Ica menjadi sadar pentingnya olahraga.


Adapun untuk lebih memperkuat materi, maka saya minta endors dari teman saya yang cantik tapi sudah menempuh PhD di University of Glasglow Inggris yaitu Mbak Siwi Wijayanti, PhD. Dia adalah pakar kesehatan masyarakat dan Dosen di Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Alhamdulillah Mbak Siwi memberikan endors dan respon positif terhadap materi yang disampaikan di buku ini.

Saya berharap buku sederhana ini dapat memberi manfaat untuk membentuk perilaku hidup sehat sejak dini pada anak prasekolah.
Silahkan follow mediasosial saya:
FB: dyah umi purnama
IG:@dyahumi_purnama
Kalau mau pesan buku dapat langsung Inbox/DM ya...
Terimakasih**




Tidak ada komentar:

Posting Komentar