Senin, 25 Januari 2016

Edukasi Gizi Anak Lewat Cerita: Mengintip Isi Buku Aku Anak Sehat


Judul: Cerita Anak Terbaik Sepanjang Masa Seri Aku Anak Sehat
Penulis: Dyah Umi Purnama
Ilustrator: Salestinus
Terbitan: Desember 2015
Jumlah halaman: 112 Halaman
Harga: Rp. 50.000,00
Tersedia: Di Toko Buku Gramedia dan Toko Buku lainnya
Pemesanan Online: 
Whatsapps Lukman (Marketing Visimandiri) 083877340508 (Pembelian 1 buku juga dilayani kok ) atau 
bisa inbox penulis di FB dyah umi purnama





Saya mengucap syukur ke hadirat Allah SWT bahwa buku saya yang berjudul: CERITA ANAK TERBAIK SEPANJANG MASA SERI AKU ANAK SEHAT terbitan VISIMANDIRI-solo yang penuh muatan edukasi gizi sudah selesai proses cetaknya dan sudah didistribusikan ke seluruh toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Tujuan saya menulis buku ini adalah untuk memberikan edukasi gizi lewat cerita kepada seluruh anak Indonesia. Mengingat bahwa buku edukasi gizi anak masih jarang ditemukan.

Masih banyak anak-anak yang kurang konsumsi makanan sumber vitamin. Penyebabnya diantaranya adalah karena kurangnya pemahaman anak terhadap nilai-nilai gizi yang terdapat di dalamnya.

Buku ini adalah Buku 7 in 1 karena berisi:
1. Cerita anak yang unik dan menarik
2. Pengetahuan vitamin pada anak
3. Akibat Kekurangan Vitamin
4. Anjuran kecukupan vitamin dan kandungan vitamin pada berbagai  sumber-sumber makanan
5. Resep masakan yang mengandung vitamin tinggi
6. Lembar aktivitas
7. Bonus Kartu Kwartet sumber-sumber vitamin

Jadi dalam satu bab berisi cerita yang dilanjutkan pengetahuan vitamin, anjuran kecukupan vitamin, kandungan vitamin pada berbagai sumber makanan dan resep masakan.



Baiklah, saya akan memberikan gambaran isi materinya ya,
1. Rabun Ayam Karena Suka Makan Mata Ayam ?


Ada seorang anak, bernama Dani yang sukar melihat di waktu senja, atau disebut Rabun Ayam. Saudaranya Lala mengira, keadaannya itu karena dia punya hobby suka makan mata ayam. Setelah mereka membaca buku Ensiklopedia kesehatan, mereka jadi mengerti kalau penyebabnya adalah karena Dani kekurangan vitamin A.

Setelah cerita dilanjutkan informasi tentang Vitamin A


Ada juga akibat karena kekurangan Vitamin A


Anjuran Kecukupan Vitamin A dalam sehari dan kandungan Vitamin A dalam bahan makanan


Ada juga resep Jus Mase yang tinggi vitamin A



2. Beri-Beri Tidak Sama dengan Biri-Biri


Dani memandang sepele ketika Lala mengatakan kalau ada orang yang terkena penyakit Beri-Beri. Dia malah bercanda kalau Beri-Beri itu karena orang suka mengembik di waktu pagi seperti Biri-Biri. Setelah temannya Sianipar mengatakan kalau Opungnya juga terkena penyakit Beri-Beri. Dani jadi mau membaca  Ensiklopedia bersama Lala. Dia kemudian tahu kalau Beri-Beri itu karena kekurangan vitamin B1 (Thiamin)

Seperti bahasan vitamin A, untuk bab ini juga diikuti Pengetahuan tentang Vitamin B1, Anjuran Kecukupan Sehari, kandungan Vitamin B1 dalam berbagai sumber makanan serta resep masakan tinggi vitamin B1.

3. Hii Kurang Darah karena Digigit Vampir ?


Saat  sedang menonton film Vampir, tiba-tiba hujan deras yang menyebabkan listrik mati. Fira jadi ketakutan sekali karena sosok Vampir selalu terbayang. Dia tambah ketakutan ketika temanya Nia yang baru saja berangkat setelah sakit mengatakan kalau dia tidak masuk karena sakit Kurang Darah. Fira mengira Nia digigit Vampir hingga kehabisan darah. Setelah mereka mencari informasi di perpustakaan mereka tahu kalau penyakit Nia adalah Anemia Macrocytic Megaloblastic karena kekurangan vitamin B12.

Seperti bahasan vitamin sebelumnya, untuk bab ini juga diikuti Pengetahuan tentang Vitamin B12, Anjuran Kecukupan Sehari, kandungan Vitamin B12 dalam berbagai sumber makanan serta resep masakan tinggi vitamin B12.

4. Ketika Awan Sakit Sariawan


Awan dikeluarkan dari latihan paduan suara karena suaranya yang aneh saat latihan dianggap merusak keselarasan suara Tim. Bahkan ada salah seorang temannya yang mengusulkan Awan untuk digantikan saja dengan yang lainnya. Awan sangat sedih, padahal dia sangat ingin masuk dalam tim paduan suara sekolah. Rosa yang baik hati lalu menemani Awan mencari info di perpustakaan. Setelah tahu kalau penyakitnya adalah Sariawan yang disebabkan kekurangan Vitamin C . Awan lalu rajin makan sumber vitamin C hingga sembuh.

Seperti bahasan vitamin sebelumnya, untuk bab ini juga diikuti Pengetahuan tentang Vitamin C, Anjuran Kecukupan Sehari, kandungan Vitamin C dalam berbagai sumber makanan serta resep masakan tinggi vitamin C.

5. Adik Bayiku Dijemur
Fina heran melihat Mamanya menjemur adik bayinya yang baru lahir. Masak adik bayi disamakan dengan bantal dan guling yang bau ompol sehingga harus dijemur. Setelah membaca buku yang dipinjamnya dari perpustakaan Fina baru tahu kalau adiknya dijemur agar mendapatkan cukup Vitamin D

Seperti bahasan vitamin sebelumnya, untuk bab ini juga diikuti Pengetahuan tentang Vitamin D, Anjuran Kecukupan Sehari, kandungan Vitamin D dalam berbagai sumber makanan serta resep masakan tinggi vitamin D.

6. Si Kulit Bersisik yang Pandai Memancing
Nino mengatakan kepada teman-temannya kalau kulitnya yang kering sehingga kelihatan seperti bersisik karena dia adalah keturunan Ikan yang Sakti. Teman-temannya banyak yang percaya. Tapi di depan Dani Nino mengakui karena sebenarnya bukan seperti itu. Dani lalu memberitahu Nino kalau kulitnya yang bersisik itu karena Nino kekurangan Vitamin E.

Seperti bahasan vitamin sebelumnya, untuk bab ini juga diikuti Pengetahuan tentang Vitamin E, Anjuran Kecukupan Sehari, kandungan Vitamin E dalam berbagai sumber makanan serta resep masakan tinggi vitamin E.

7. Awas Ada Sungai Darah
Lala kesandung dan kakinya berdarah. Dani menakuti kalau kondisi ini pasti karena Lala kekurangan Vitamin K , sehingga nanti akan dapat terjadi sungai darah. Salah satu akibat kekurangan Vitamin K adalah darah yang tidak bisa menggumpal. Lala sampai terbawa mimpi. Di dalam mimpinya dia tenggelam dalam sungai darah. Dia sampai dibangunkan Neneknya karena menjerit-jerit dalam tidur. Setelah tahu kalau lukanya mengering Lala jadi lega karena dia memang tidak mengalami kekurangan Vitamin K.

Seperti bahasan vitamin sebelumnya, untuk bab ini juga diikuti Pengetahuan tentang Vitamin K, Anjuran Kecukupan Sehari, kandungan Vitamin K dalam berbagai sumber makanan serta resep masakan tinggi vitamin K.

Setelah membaca cerita dan pengetahuan anak-anak dapat bermain mencari jejak




Ada juga bonus kartu Kwartet sumber-sumber vitamin pada makanan






Saya berharap anak-anak yang membaca buku ini dapat bertambah pengetahuannya tentang vitamin dan dapat menerapkannya, sehingga pola makannnya sehari-hari menjadi lebih baik dan sehat. ***

Pemesanan Online: 
Whatsapps Lukman (Marketing Visimandiri) 083877340508 (Pembelian 1 buku juga dilayani kok ) atau 

bisa inbox penulis di FB dyah umi purnama

3 komentar:

  1. Ikut Meramaikan, resensi ini berdasarkan penjelasan di atas. Semoga berkenan.

    http://tulisanelratnakazuhana.blogspot.co.id/2016/01/review-edukasi-gizi-lewat-cerita-anak.html

    BalasHapus
  2. Selamat untuk bukunya yang keren banget bulik, ikutan nulis tentang bukunya juga ah..
    http://yusufsaktian.com/health/buku-cerita-anak-terbaik-sepanjang-masa-seri-aku-anak-sehat/

    BalasHapus